Musim Peralihan Sebabkan Penyakit ISPA

Infeksi Saluran Napas Akut termasuk salah satu penyakit yang harus diwaspadai saat ini di Kota Bandung. Penyakit tersebut mudah menyerang pada saat musim peralihan dari hujan ke kemarau. "Kota Bandung sedang memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Penyakit yang harus diwaspadai saat ini di antaranya ISPA," ungkap Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, H Yorisa Sativa di Bandung,
http://www.obatinfeksisaluranpernafasan.com/
Dikatakan Yoris, penyakit ISPA perlu diwaspadai karena saat ini cuaca dapat berubah secara ekstrim. Selain itu, suhu Kota Bandung juga terasa cukup dingin. Cuaca seperti itu berdampak pada penurunan daya tahan tubuh. "Cuaca pada siang hari terasa cukup panas. Ditambah dengan banyaknya polusi udara (debu) jalanan dari kendaraan bermotor. Kondisi seperti itu dapat menyerang saluran pernapasan,"

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada masyarakat Kota Bandung juga kata Yoris belum begitu baik. Penyakit ISPA ditularkan melalui udara, sementara masyarakat belum terbiasa menggunakan masker. "Padahal masker dapat mencegah penularan penyakit ISPA," ucapnya. Masyarakat juga belum terbiasa melakukan PHBS lainnya seperti mencuci tangan memakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. "Mencuci tangan memakai sabun terbukti dapat mencegah penularan puluhan penyakit, termasuk ISPA,"

Baca juga Obat Infeksi Saluran Pernafasan

Menurut Yoris, kasus ISPA di Kota Bandung, terjadi peningkatan pada bulan April 2015, dibanding satu bulan sebelumnya. "Bulan April tercatat 18.204 kasus, sedang Maret jumlah kasusnya 17.530. Data didapat berdasarkan laporan dari sarana pelayanan kesehatan yang masuk ke Dinas Kesehatan Kota Bandung," ungkapnya. Pencegahan terhadap ISPA kata Yoris dilakukan dengan makan makanan bergizi seimbang. Sementara itu, bila mengalami gejala ISPA diharapkan memakai masker supaya tidak menularkan penyakit tersebut pada orang lain.

"Juga menghindari kumpulan massa untuk melindungi orang lain dari penularan ISPA. Mulut dan hidup ditutup saat batuk serta bersin. Membuang tissue yang telah digunakan dalam bak sampah," paparnya. Selain itu menurut Yoris, kalau kondisi tubuh tidak sehat sebaiknya menghindari bepergian, istirahat di rumah dan minum air putih dengan cukup. "Segera pergi ke puskesmas terdekat bila mengalami gejala ISPA, seperti demam, batuk pilek dan sesak napas," ucapnya.

Ahmad, warga Pagarsih mengatakan cuaca di Kota Bandung, saat ini memang kurang baik. Cuaca bisa berubah tiba-tiba dari panas menjadi mendung. "Suhu juga terasa dingin. "Saya juga terkena flu. Badan terasa demam, batuk. Setelah berobat ke puskesmas, sekarang lumayan bisa keluar rumah,"